×
Sosialisasi Database UMKM dan Koperasi Secara Digital Melalui Aplikasi Lapak Maya Inovasi (AL - AMIN)

Perkembangan teknologi informasi dalam era sekarang ini menghadirkan suatu kebiasaan baru bagi masyarakat. Masyarakat lebih senang dalam menggunakan smartphone atau telepon pintar dalam aktivitas mereka sehari-hari. Perangkat ini dapat digunakan dengan mudah oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua karena caranya yang sangat mudah, user friendly, interaksi yang menarik. Bahkan smartphone juga menjadi media yang efektif untuk penyebarluasan informasi. Keberhasilan pembangunan di suatu wilayah sangat tergantung dari peran aktif masyarakatnya, serta adanya hubungan yang harmonis antara pemerintah daerah dan masyarakat. Sinergi antara masyarakat dengan pemerintah daerah akan memaksimalkan potensi suatu wilayah dan berdampak pada kemajuan daerah tersebut.

Dengan membuat layanan berbasis website akan menjadi ‘jembatan penghubung’ antara masyarakat dan pemda dengan kemudahan akses dimanapun dan kapanpun. Pemda bisa dengan mudah memahami persoalan yang ada di masyarakat dan masyarakat bisa mendapat pelayanan yang cepat dan baik. Keluhan, usulan, serta pengisian data oleh masyarakat dengan cepat diserap oleh Pemda dan tentunya Pemda beserta jajarannya lebih mudah melakukan pekerjaannya karena problemnya jelas dan siapa yang bertanggung jawab untuk menyelesaikan masalah juga jelas. Efisiensi serta efektifitas proses penyerapan data masyarakat khususnya UMKM dan Koperasi dalam hal ini akan mempermudah Pemda dalam hal penentuan program yang tepat kedepannya. Tentunya ini akan memudahkan tugas Bupati untuk melayani masyarakatnya tanpa dibatasi waktu dan jarak.





Maksud dan tujuan diterapkannya fitur akses UMKM dan Koperasi untuk masyarakat dan pemerintah daerah adalah:


a.     Bagi Masyarakat

1.        Mempermudah akses penyampaian data terkait UMKM dan Koperasi karena dapat diakses dimanapun dan kapanpun.

2.        Masyarakat UMKM bisa mempromosikan usahanya secara luas, baik ke seluruh wilayah kabupaten maupun di luar kabupaten.

b.     Bagi Pemerintah Daerah

1.        Pemerintah daerah bisa mengetahui secara cepat permasalahan di wilayahnya dan segera mencari solusinya.

2.        Pemda bisa memetakan secara cepat jenis-jenis permasalahan di wilayahnya secara real time.

3.        Pemda bisa lebih dekat dengan warga dan pelayanan ke masyarakat bisa lebih maksimal.

4.        Pemda lebih mudah merencanakan program-program yang langsung dibutuhkan masyarakat, bukan program ’menara gading’

5.        Pemda bisa memantau kinerja SKPD, lurah maupun camat di seluruh wilayah kabupaten.

                    6.       Pemda dengan mudah melakukan evaluasi untuk setiap personil di                                 skpd, lurah, maupun camat berdasakan masukan langsung dari                                 masyarakat.




×

FOLLOW INSTAGRAM

Akun Resmi Instagram Diskoperindag Kabupaten Pemalang, Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru.