×
PASAR MURAH DI DESA KARANGASEM PETARUKAN

            Pemalang, 19 April 2022. Pemerintah  Kabupaten Pemalang dalam  hal  ini  Diskoperindag Kabupaten Pemalang sebagai Penyelenggaraan PASAR MURAH Tahun 2022 bekerjasama dengan Dinas Pertanian, Dinas Perikanan dan TP PKK untuk kali ini Pasar Murah diselenggarakan di Balaidesa Karangasem Kecamatan Petarukan. Sehubungn dengan memasuki bulan suci Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri, harga – harga bahan kebutuhan pokok seperti beras, gula pasir, minyak goreng, daging, sayur mayur dan lainnya cenderung mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hal ini disebabkan antara lain karena tingginya permintaan dari masyarakat dan efek psikologis dari para pedagang yang menaikkan harga menjelang hari raya Idul Fitri. Kenaikan harga tersebut tentu saja sangat memberatkan bagi masyarakat.




Menyikapi hal tersebut, maka Pemerintah Kabupaten Pemalang secara rutin setiap tahun menyelenggarakan program Pasar Murah, yang merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah daerah untuk membantu masyarakat kurang mampu dalam memperoleh barang kebutuhan pokok men-jelang hari raya Idul Fitri, sekaligus sebagai upaya untuk menahan laju kenaikan harga serta mempersempit kemungkinan adanya penimbunan barang kebutuhan pokok.

Barang-barang yang dijual di Pasar Murah sebagai berikut :

·           Diskoperindag Kabupaten Pemalang : Beras, Gula dan Minyak Goreng

·           Tim Penggerak PKK Kabupaten Pemalang : Roti dan Sirup

·           Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang : Beras dan Telur

·           Dinas Perikanan Kabupaten Pemalang : Olahan Ikan, Teri, Peyek dan Ikan Asin.

Masing-masing barang Kepokmas diatas sudah mendapatkan subsidi dari Pemerintah Daerah Kabupaten Pemalang sehingga masyarakat dapat membelinya dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga pasar. Karena saat ini masih dalam masa pandemi, para Pembeli Pasar Murah diatur dalam jam yang berbeda agar tidak berkerumun dan tetap mematuhi Protokol Kesehatan, dan terlebih dahulu telah di vaksin, baik Vaksin Kedua maupun Ketiga atau Booster.



Dalam sambutan Pak Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo, ST, M.Si menyampaikan Saya merasa sangat berbahagia, karena pada saat ini dapat bersilaturahmi dengan segenap masyarakat Desa Karangasem pada khususnya dan masyarakat Kabupaten Pemalang pada umumnya. Semoga dengan adanya silaturahmi ini, akan semakin mempererat semangat kebersamaan antara Pemerintah Daerah dengan masyarakat, yang akan menjadi modal penting guna kesuksesan pembangunan daerah. Saya juga merasa bangga melihat semangat dan antusias masyarakat dalam menyambut pasar murah ini, seraya berharap semoga semangat tersebut diiringi pula dengan kesadaran yang tinggi untuk tetap ber-sama–sama mewujudkan keamanan dan ketertiban selama pasar murah ini ber-langsung, agar tujuan penyelenggaraan pasar murah ini dapat terlaksana dan benar–benar memberikan manfaat kepada setiap masyarakat.


  • Kepala Diskoperindag Kab. Pemalang Drs. Hepi Priyanto, MM juga menyampaikan Tujuan diselenggarakannya Pasar Murah yaitu :
Membantu Masyarakat kurang mampu untuk memperoleh Barang  Kebutuhan Lebaran,

Sebagai upaya untuk menahan laju kenaikan harga, serta

Mempersempit kemungkinan adanya penimbunan Kebutuhan Pokok.


“Ucapan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Pemalang yang telah menyelenggarakan Pasar Murah di Desa Karangasem” disampaikan oleh Salah satu warga desa Karangasem.



×

FOLLOW INSTAGRAM

Akun Resmi Instagram Diskoperindag Kabupaten Pemalang, Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru.